Saturday, October 13, 2012

Wisata Hemat Raja Ampat


Kabui Bay
Teluk Kabui, Salah Satu Obyek Wisata di Pulau Waigeo, Kepulauan Raja Ampat

Banyak yang mengira bahwa untuk berwisata ke Kepulauan Raja Ampat membutuhkan biaya belasan hingga puluhan juta Rupiah. Namun jika Anda tahu caranya, Anda bisa berwisata ke Raja Ampat dengan biaya yang cukup ekonomis. Berikut ini adalah tips-tips wisata hemat Raja Ampat.


Gerbang utama untuk mencapai Kepulauan Raja Ampat adalah Kota Sorong. Jika berangkat dari Jakarta, Anda bisa menggunakan penerbangan rute Jakarta-Makassar-Sorong yang dilayani Batavia Air, Sriwijaya Air atau Ekspress Air, dengan kisaran biaya antara Rp 1.600.000 – Rp 3.000.000/orang sekali jalan. Usahakan untuk memilh waktu keberangkatan bukan saat peak season, sehingga Anda bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang cukup murah.

Melakukan wisata hemat Raja Ampat sangat ditentukan oleh tempat yang akan dikunjungi, serta moda transportasi yang akan digunakan. Jika Anda memutuskan untuk pergi ke Kota Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat di Pulau Waigeo, Anda bisa menggunakan kapal cepat MV Marina Ekspress yang berangkat setiap hari pukul 14.00 WIT dari Pelabuhan Rakyat Klademak Sorong, dengan biaya Rp 120.000/orang sekali jalan, dengan lama perjalanan kurang lebih 2 jam. Namun jika  Anda memilih tujuan ke wilayah lain yang tidak ada kapal regular, seperti Pulau Wayag, Anda bisa menyewa perahu motor berkapasitas 14 orang dari Pelabuhan Usaha Mina Sorong dengan biaya sekitar Rp 8.000.000 per hari. Biaya ini bisa lebih efisien jika perahu motor dapat diisi sesuai kapasitas maksimumnya.

Mayoritas sarana transportasi yang digunakan di Raja Ampat adalah sewaan, termasuk mobil dan perahu yang digunakan untuk berkeliling. Jadi salah satu tips wisata hemat Raja Ampat adalah dengan pergi secara berombongan. Semakin banyak anggota rombongan, biaya transportasi per orang bisa lebih murah. Rombongan ideal berjumlah antara 6-14 orang, sesuai kapasitas perahu motor yang digunakan untuk keliling pulau. Sebagai gambaran, untuk menyewa mobil keliling pulau, biaya sewanya Rp 100.000 per jam. Sedangkan untuk menyewa perahu keliling Pulau Waigeo, biaya sewanya antara Rp 2.500.000-Rp 4.000.000, bergantung pada waktu pemakaian.

Untuk menulis artikel-artikel perjalanan seperti ini, buku Travel Writing 101 akan membantu Anda menjelajah dunia travel writing dan travel photography. Segera dapatkan buku ini di toko buku terdekat, atau dengan menghubungi kami di 081410822982 (WhatsApp/SMS only) atau e-mail : arini_che@yahoo.com.

1 comment:

Ali Man said...

Seru banget yaaa traveling ke Raja Ampat, apalagi kalo dengan budgeting yg engga tinggi